Warga Binaan Lapas Metro Terampil Melakukan Sortir Benih Ikan Lele

LAPAS METRO -- Petugas dan Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Metro melakukan penyortiran benih ikan lele. Sortir ikan lele adalah kegiatan menyeleksi ikan lele peliharaan sesuai dengan ukuran yang diharapkan. Warga binaan kini telah terampil dalam memilah ikan lele berdasarkan ukuran tertentu. Kamis (24/11).

Dalam kegiatan Penyortiran Benih ikan lele tersebut, benih-benih yang berjumlah kurang lebih 7000 ekor di klasifikasikan kedalam 4 kelompok, yaitu ukuran 2-3 cm, 4-5 cm, 6-7cm dan Bongsoran.

Ada beberapa langkah-langkah yang dapat dilakukan agar pembudidayaan ikan lele ini dapat dikatakan sukses, diantaranya bagaimana cara pemberian makan yang teratur, perawatan air, bahkan sortir ukuran dari ikan lele tersebut.

“Tujuan diadakan proses penyortiran benih ikan lele adalah untuk membantu proses pertumbuhan ikan agar dapat tumbuh dengan optimal sehingga diharapkan ketika proses panen nanti bisa mendapatkan hasil yang maksimal,” Pungkas Antony selaku Kasubsi Bimbingan Kerja dan Pengelolaan Hasil kerja.

Selain itu untuk memisahkan ikan lele yang berukuran lebih besar, karena ikan lele ini sifatnya kanibal (memakan sesamanya). Diharapkan dengan dilakukan upaya dan metode yang benar, dapat menghasilkan hasil panen sesuai yang diharapkan.

(HUMAS LAPAS METRO)


Cetak   E-mail