Siapkan Bekal Kelas Bebas, Sebanyak 25 Napi Lapas Way Kanan terima Pelatihan Budidaya Ikan Nila

1

Way Kanan, INFO_PAS - Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Way Kanan kembali memberikan Kegiatan Pelatihan Kemandirian Tahap II kepada narapidana berupa Pelatihan Budidaya Ikan Nila, sedangkan pada Pelatihan Kemandirian Tahap I  yaitu Budidaya Ikan Lele yang telah dilaksanakan pada bulan juni lalu. .

Kegiatan terlaksana atas kerjasama dengan Dinas Perikanan Kabupaten Way Kanan yang dibuka langsung oleh Kepala Lapas Way Kanan, Syarpani di Aula Dr. Sahardjo. Selasa, 5/10.

Syarpani menyampaikan agar peserta pelatihan dapat mengikuti kegiatan dengan serius dan tanggap karna nantinya mereka bisa menyebarluaskan lagi keterampilan dan kompetensi tersebut kepada Narapidana yang lain karena tidak semua Narapidana dapat mengikutinya.

"Kami berharap dari 25 peserta yang telah mengikuti kegiatan hari ini dapat  mentransfer atau membagikan lagi ilmunya kepada Narapidana yang lain, sehingga jumlah Narapidana yang memahami tentang pelatihan budidaya ikan nila ini bisa bertambah." Ujar Syarpani

Kalapas menambahkan bahwa Kegiatan pelatihan Budidaya Ikan Nila dinilai bisa menjadi modal keterampilan narapidana setelah menjalankan hukum dan bisa menyesuaikan pada saat kembali ke masyarakat.

"Jadikanlah pelatihan ini sebagai sarana untuk mendapatkan ilmu berwirausaha yang baik dan nantinya dijadikan peluang usaha disektor perikanan,  bukan sekedar untuk ikut kegiatan saja namun untuk benar-benar meningkatkan keahlian, dimana diharapkan setelah bebas dari Lapas kalian sudah memiliki keahlian yang bisa dijadikan bekal untuk menyambung hidup." tambah Syarpani.

Sementara itu, Penyuluh Perikanan dari Dinas Perikanan Kabupaten Way Kanan, Hendy DS menyampaikan bahwa pelatihan dibagi dalam dua tahap, indoor materi tertulis dan outdoor materi praktik.

"pelatihan dibagi dalam dua tahap, indoor materi tertulis dan outdoor materi praktik, tim kami akan memberikan materi sesuai porsi masing-masing", tutup Hendy.

Adapun Penyuluh dari Dinas Perikanan ada 4 orang  yaitu Sdr. Widodo, Fredy Kurniawan, Miskun Susilo dan Hendy Dwi Setiawan. (Rilis: HUMAS KEMENKUMHAM LAMPUNG/PA)

777777


Cetak   E-mail